PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
INDONESIA
STATUS:
TERAKRIDITASI B
BERDASARKAN
KEPUTUSAN BADAN AKRIDITASI NASIONAL PERGURAUAN TINGGI DEPARTEMEN PENDIDIKAN
NASIONAL REPUBIIK INDONESIA
SK MENTRI
P DAN K RI NO. 0379/0/1990
Program Studi
Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan salah satu Program Studi yang tua di
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau. Keberadaan Program
Studi ini sangat dibutuhkan oleh bidang pendidikan di Daerah Riau. Program
Studi ini mulai dibuka sejak tahun 1982 dengan status izin operasional dan pada
tahun 1984 melalui SK Mentri P dan K RI Nomor O85/O/1984 tertanggal 5 Maret
1984, statusnya diubah menjadi terdaftar.
Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia pernah menyelenggarakan tiga jenjang
pendidikan, yaitu: Jenjang Pendidikan Strata Satu (S1) Jenjang Pendidikan
Diploma Tiga (D3), dan Jenjang Pendidikan Diploma Dua (D2). Namun, pemerintah
menutup seluruh Jenjang Pendidikan
Diploma Tiga dan Dua yang berada di bawah IKIF & FKIF di Indonesia menerima
Mahasiswa untuk kedua jenjang pendidikan tersebut.
Pada tahun 1995 pihak pemerintah melakukan
peningkatan peningkatan Kualitas guru Sekolah Dasar khususnya dalam hal
Sertifikat/ Ijazah. Untuk menjadi guru Sekolah Dasar diharuskan memiliki ijazah
Diploma Dua. Selain itu pemerintah juga mengarahkan kepada guru bidang studi
dari tingkat sekolah dasar. Sehingga untuk mengantisipasi hai ini, serta ingin
berperan aktif dalam meningkatkan kualitas
pendidikan dasar di Riau Khususnya dan Indonesia pada Umumnya. Maka mulai pada
tahun 2000 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia membuka kembali Jenjang
Pendidikan Diploma Dua, hal ini dapat dilakukan bedasarkan SK dari Kopertis
Wilayah X Padang Nomor 963/010/KL/KOP-D2/2000.
Visi Program Studi Bahasa Indonesia adalah Mendidik calon pendidik bahasa Indonesia yang profesional,
unggul dan Islami. Misi yang menjulang Prodi ini adalah Menjadikan calon pendidik; 1. Profesional di bidang akademik; 2. Unggul dalam mengembangkan konsep dan teori pendidikan bahasa Indonesia
di berbagai kegiatan belajar dan menyusun program pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dan di
lembaga pendidikan lainnya serta mampu bersaing dengan para alumni dari perguruan
tinggi lainnya baik di tingkat nasional maupun regional; 3. Berwawasan, beretika, berbudi pekerti dan menjunjung nilai-nilai keislaman.
Program
Studi yang berada di bawah Lembaga Kependidikan tentulah mempunyai tujuan yang
akan mendukung tujuan FKIP–UIR. Adapun tujuan dari Program Studi Pendidikan
Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut; 1. Membantu Pemerintah dalam
menyelenggarakan Pendidikan Bahasa Indonesia; 2. Mengadakan tenaga pendidik yang
profesional dalam Bidang Bahasa Indonesia; 3. Mengadakan tenaga pendidik yang
dapat memperbaiki dan mengembangkan
sistem pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
Kurikulum
merupkan salah satu bagian penting dari sistem pengembangan pendidikan
sekaligus merupakan tantangan lembaga pendidikan untuk dapat mengikuti, mengantisipasi
dan mengembangkan kurikulum dengan orientasi ke depan. Pada dasarnya kurikulum
yang digunakan dalam program pendidikan sarjana Pendidikan Sarjana Bahasa
Indonesia dirancang agar lulusannya memiliki kemampuan dasar yang kuat
memecahkan persoalan pendidikan yang dan pengajaran Bahasa Indonesia dan dapat mencarikan alternatif pemecahannya.
Sedangkan kurikulum yang digunakan dalam program Diploma Dua (D2) Proram
Pendidikan Bahasa Indonesia dirancang agar lulusannya memiliki kemampuan yang
kuat untuk memecahkan dan mencarikan jalan keluar dari persoalan pengajaran
Bahasa Indonesia pada jenjang pendidikan dasar.
Materi
kuliah yang merupukan kumpulan dan rangkaian mata kuliah dalam kurikulum, yang
keberadaanyan tidak terpisah, melainkan saling terkait dan saling menunjang. Kurikulum
Program Strata Satu (S1) dan Diploma Dua (D2) program studi Pendidikan Bahasa
Indonesia di susun berdasarkan kurikulum Sarjana dan Diploma Pendidikan yang
berlaku secara nasional. Kurikulum Pendidikan Bahasa Indonesia telah dicantumkan
Kurikulum Nasional dan Kurikulum lokal. Kurikulum tersebut terdiri dari tiga
komponen, yaitu:
1. Mata Kuliah Umum
2. Mata Kuliah Dasar Keahlian
3. Mata Kuliah Keahlian
Komponen
mata kuliah umum dimaksudkan untuk membentuk kepribadian, rasa tanggung jawab
terhadap sesama manusia, bangsa, negara, agama, sosial maupun budaya peradaban.
Komponen mata kuliah dasar keahlian ditujukan untuk membentuk penguasaan dan
metodelogi bidang keahlian serta kemampuan dalam memahami dan memecahkan
permasalahan dan ke ahliannya.
Komponen Mata Kuliah Keahlian terdiri atas:
a. Mata Kuliah Keahlian (mata kuliah
bidang studi) terutama ditujukan untuk membentuk penguasaan bidang ilmu
pendidikan yang sesuai dengan profesi kependidikan yang dipilih untuk calon
tenaga kependidikan lainnya.
b. Mata Kuliah Keahlian II ( mata
kuliah proses belajar mengajar ) terutama di tujukan untuk membentuk penguasaan
teori dan keterampilan kegunaan bagi calon guru atau pnguasaan teori dan
keterampilan keguruan bagi calon guru atau penguasaan teori dan keterampilan
bidang profesi kependidikan yang di pilih bagi calon tenaga kependidikan
lainnya.
KURIKULUM
MATA KULIAH
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (S1)
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM RIAU
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
NO. |
KODEMATA KULIAH |
MATA KULIAH |
SKS |
JUMLAH |
01
02
03
04
05
06
07
08
|
UXSN 11101
UXSI 11202
UXSI 12103
UXSI 11104
UXSN 11205
UXSN 12206
UXSI 13107
UXSI 11108
|
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
Pendidikan Agama
Al-Islam
Filsafat Pendidikan Islam
Pendidikan Pancasila
Pendidikan Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Ilmu Sosial Dasar
|
2
2
2
2
2
2
2
2
|
16
|
01
02
03
04
05
06
07
08
09
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
|
PENN
21101
PENN
22102
PENN
22103
PENN
21204
PENI 22105
PENI 23205
INDN
21103
INDN
21104
INDN
21105
INDI
21206
INDN
22107
INDI
22208
INDI
24109
INDN
21210
INDN
22111
INDI
22212
INDN
23113
INDI
23214
INDN
23215
INDN
22216
INDN
23217
INDN
23218
INDN
21119
INDN
23120
INDN
23121
INDN
22122
INDN
21223
INDN
22124
INDN
23125
INDI
23226
INDI 24127
INDN
22228
INDN
21229
INDN
23130
INDN
23231
INDN
23132
INDI
22233
INDI
22234
IND I 23235
|
Mata
Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
Pengantar Pendidikan
Perkembangan Peserta Didik
Belajar dan Pembelajaran
Profesi Kependidikan
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
Manajemen Peningkatan Mutu
Berbasis Sekolah
Berbicara
Menyimak
Membaca
Membaca lanjut
Menulis
Menulis Lanjut
Laporan Ilmiah dan Semiilmiah
Fonologi Bahasa Indonesia
Morfologi Bahasa Indonesia
Morfologi Bahasa Indonesia Lanjut
Sintaksis Bahasa Indonesia
Sintaksis Bahasa Indonesia Lanjut
Semantik Bahasa Indonesia
Retorika
Pragmatik
Wacana Bahasa Indonesia
Linguistik Umum
Sosiolinguistik
Psikolinguistik
Teori Sastra
Sejarah Sastra
Puisi
Prosa Fiksi dan Drama
Sastra Kotemporer
Sastra Nusantara
Pembinaan & Pengembangan Bahasa Indonesia
Teori Belajar Bahasa
Analisis Kesalahan Bahasa
Perbandingan Bahasa Nusantara
Bahasa Bantu (Bahasa Arab)
Tulisan Arab Melayu
Bahasa Jurnalistik
Tradisi Melayu
|
3
3
3
3
2
3
4
2
4
2
4
2
2
2
3
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
4
4
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
104
|
01
02
03
04
05
06
07
08
09
|
INDI
31101
INDI
31102
PBMN 33101
PBMI 32102
PBMN 31203
PBMN 32204
PBMI 33105
PBMI 33207
UXSI 31209
|
Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
Telaah Kurikulum B.
Indonesia SMTA
Telaah Buku Teks B.
Indonesia SMTA
Perencanaan Pengajaran
Multimedia Pembelajaran
Strategi Belajar Mengajar
Evaluasi
Pengajaran
Statistik
Pendidikan
Pengajaran
Mikro
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
3
3
2
2
2
2
2
2
2
|
20
|
01
02
03
|
AKUN 44243
PBMN 43107
PBMI 43208
|
Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
Skripsi
Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia
Penelitian Pengajaran Bahasa Lanjut
|
2
2
6
|
10
|
01
02
|
AKUN 54242
PBMN 54108
|
Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
Seminar
Program
Pengalaman Lapangan
|
4
4
|
8
|
PENJELASAN
KODE MATA KULIAH
A. Penjelasan Kode Huruf
(1)
UXSN/UXSI
= Mata Kuliah Umum (MKU):
U = Universitas
X = Universitas Islam Riau
S = Swasta
N = Nasional (Kurikulum
Nasional)
I =
Institusional (Kurikulum Institusional/Lokal)
(2) PENN/PENI: PEN = Mata Kuliah Kependidikan (MKDK)
N = Nasional (Kurikulum
Nasional)
I =
Institusional (Kurikulum Institusional/Lokal)
(3) INDN/INDI: IND = Mata Kuliah Bidang Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia (MKK I)
N = Nasional (Kurikulum
Nasional)
I =
Institusional (Kurikulum Institusional/Lokal)
(4) PBMN/PBMI: PBM = Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar (MKK II)
N = Nasional (Kurikulum
Nasional)
I =
Institusional (Kurikulum Institusional/Lokal)
B. Penjelasan Kode Angka
(1) Angka Pertama: 1 = Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
2 = Mata Kuliah Keilmuan & Keterampilan
(MKK)
3 = Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
4 = Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
5 = Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat
(MBB)
(2)
Angka Kedua: 1 = Tahun Pertama
2 = Tahun Kedua
3 = Tahun Ketiga
4 = Tahun Keempat
(3)
Angka Ketiga: 1 = Semester Ganjil
2 = Semester Genap
(3)
Angka Keempat & Kelima = Nomor Urut Mata Kuliah
SEBARAN MATA KULIAH
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (S1)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM RIAU
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
SEMESTER I
No.
|
KodeMata Kuliah |
Mata
Kuliah
|
SKS
|
01
|
UXSN 11101
|
Pendidikan
Agama
|
2
|
02
|
UXSI 11104
|
Pendidikan
Pancasila
|
2
|
03
|
UXSI 11107
|
Ilmu
Alamiah Dasar
|
2
|
04
|
INDN 31101
|
Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia SMTA
|
3
|
05
|
INDI 31102
|
Telaah
Buku Teks Bahasa Indonesia SMTA
|
3
|
06
|
INDN 21103
|
Berbicara
|
4
|
07
|
INDN 21104
|
Menyimak
|
2
|
08
|
INDN 21105
|
Membaca
|
4
|
09
|
INDN 21120
|
Linguistik
Umum
|
2
|
|
|
Jumlah
|
24
|
SEMESTER
II
No.
|
KodeMata Kuliah |
Mata
Kuliah
|
SKS
|
01
|
UXSI 11202
|
Al-
Islam
|
2
|
02
|
UXSN 11205
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
03
|
UXSN 11206
|
Bahasa
Indonesia
|
2
|
04
|
UXSI 31208
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
2
|
05
|
PENN 11201
|
Pengantar
Pendidikan
|
3
|
06
|
PENN 11202
|
Perkembangan
Peserta Didik
|
2
|
07
|
INDI 11206
|
Membaca
Lanjut
|
2
|
08
|
INDN 11210
|
Fonologi
Bahasa Indonesia
|
2
|
09
|
INDN 11223
|
Sejarah
Sastra
|
2
|
10
|
INDN 11229
|
Teori
Belajar Bahasa
|
2
|
11
|
PBMN 31201
|
Perencanaan
Pengajaran Bahasa Indonesia
|
2
|
|
|
Jumlah
|
23
|
SEMESTER
III
No.
|
KodeMata Kuliah |
Mata
Kuliah
|
SKS
|
01
|
UXSI 1 2103
|
Filsafat
Pendidikan Islam
|
2
|
02
|
PENN 22103
|
Belajar
dan Pembelajaran
|
4
|
03
|
PENI 22105
|
Administrasi dan Supervisi Pendidikan
|
2
|
04
|
INDN 22107
|
Menulis
|
4
|
05
|
INDN 22111
|
Morfologi
Bahasa Indonesia
|
3
|
06
|
INDN 22122
|
Teori
Sastra
|
2
|
07
|
INDN 22124
|
Puisi
|
4
|
08
|
PBMI 32102
|
Perencanaan
Pengajaran Bahasa Lanjut
|
2
|
|
|
Jumlah
|
23
|
SEMESTER
IV
No.
|
KodeMata Kuliah |
Mata
Kuliah
|
SKS
|
01
|
PENN 22204
|
Profesi
Kependidikan
|
4
|
02
|
INDI 22208
|
Menulis
Lanjut
|
2
|
03
|
INDI 22212
|
Morfologi
Bahasa Indonesia Lanjut
|
2
|
04
|
INDN 22216
|
Retorika
|
2
|
05
|
INDN 22225
|
Prosa
Fiksi dan Drama
|
4
|
06
|
INDN 22228
|
Pembinaan
dan Pengembangan Bahasa Indonesia
|
2
|
07
|
INDI 22233
|
Tulisan
Arab Melayu
|
2
|
08
|
INDI 22234
|
Bahasa
Jurnalistik
|
2
|
09
|
PBMI 32203
|
Multimedia
Pembelajaran
|
2
|
|
|
Jumlah
|
22
|
SEMESTER
V
No.
|
KodeMata Kuliah |
Mata
Kuliah
|
SKS
|
01
|
PENI 23106
|
Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah
|
2
|
02
|
INDN 23113
|
Sintaksis
Bahasa Indonesia
|
2
|
03
|
INDN 23120
|
Sosiolinguistik
|
2
|
04
|
INDN 23121
|
Psikolinguistik
|
2
|
05
|
INDN 23130
|
Analisis
Kesalahan Bahasa
|
2
|
06
|
INDN 23132
|
Bahasa
Bantu (Bahasa Arab)
|
2
|
07
|
PBMN 23104
|
Interaksi
Belajar Mengajar
|
2
|
08
|
PBMN 23105
|
Evaluasi
Pengajaran Bahasa
|
3
|
09
|
PBMI 23106
|
Statistik
Pendidikan
|
2
|
10
|
PBMN 43107
|
Penelitian
Pengajaran Bahasa
|
2
|
|
|
Jumlah
|
21
|
SEMESTER
VI
No.
|
KodeMata Kuliah |
Mata
Kuliah
|
SKS
|
01
|
INDI 23214
|
Sintaksis
Bahasa Indonesia Lanjut
|
2
|
02
|
INDN 23215
|
Semantik
Bahasa Indonesia
|
2
|
03
|
INDN 23217
|
Pragmatik
|
2
|
04
|
INDN 23218
|
Wacana
Bahasa Indonesia
|
2
|
05
|
INDI 23226
|
Sastra
Kontemporer
|
2
|
06
|
INDN 23231
|
Perbandingan
Bahasa Nusantara
|
2
|
07
|
INDI 23235
|
Tradisi
Melayu
|
2
|
08
|
PBMI 43208
|
Penelitian
Pengajaran Bahasa Indonesia Lanjut
|
2
|
09
|
PBMI 33209
|
Pengajaran
Mikro
|
3
|
|
|
Jumlah
|
19
|
SEMESTER
VII
No.
|
KodeMata Kuliah |
Mata
Kuliah
|
SKS
|
01
|
INDI 24109
|
Laporan
Ilmiah dan Semiilmiah
|
2
|
02
|
INDI 24127
|
Sastra
Nusantara
|
2
|
03
|
PBMN 54110
|
Program
Pengalaman Lapangan
|
4
|
|
|
Jumlah
|
8
|
SEMESTER
VIII
No.
|
KodeMata Kuliah |
Mata
Kuliah
|
SKS
|
01
|
INDN 54236
|
Seminar
|
4
|
02
|
INDN 44237
|
Skripsi
|
6
|
|
|
Jumlah
|
10
|
SINOPSIS/ SILABUS
MATA KULIAH
· Pendidikan
Pancasila
kode : UXSI 11104
Bobot : 2
sks
Isi:
Mata kuliah ini adalah merupakan Mata Kuliah
Pengembangan Kepribadian (MPK) yang harus diambil oleh
seluruh mahasiswa di semua
program studi, yang menjelaskan tentang
pemikiran dan pemahaman terhadap Pancasila secara ilmiah dan objektif.
Kompetensi yang diharapkan dari
Pendidikan Pancasila supaya mahasiswa
mempunyai kemampuan berfikir, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas
sebagai manusia yang intelektual serta mengantarkan mahasiswa memiliki
kemampuan untuk; (a) mengambil sikap
yang bertanggung jawab sesuai dengan hati nuraninya, (b) mengenali masalah
hidup dan kesejahteraan serta cara-cara pemecahannya, (c) mengenali
perubahan-perubahan dan perkembangan
IPTEK serta seni,
(d) memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa untuk
menggalang persatuan Indonesia.
Buku
sumber:
- Drs. H. Kaelan, M.S, 2001. Pendidikan Pancasila ; PT. Paradigma Jogjakarta,
- Dirjen Dikti Depdiknas, 2001, Kapita Selekta Pendidikan Pancasila, Bagian I, Ditjen Dikti Depdiknas, Jakarta.
- Prof.Drs.CST Kansil, SH. 2002, Pancasila dan UUD 1945, PT. Pradnya Paramita; Jakarta.
- Miriam Budiardjo, 1981, Dasar-Dasar Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta
- Magnis Suseno, 1987, Etika Politik, Prinsip-prinsip Moral Kenegaraan Modern, Gramedia, Jakarta.
- ----------, UUD 1945 (Hasil Amandemen) dan Proses Amandemen UUD 1945 secara lengkap, Karya Grafika; Jakarta.
· Pendidikan
Agama
kode : UXSN 11101
Bobot : 2
sks
Isi:
Mempelajari tentang fitrah manusia (pengertian manusia,
proses terjadinya manusia, manusia itu bertuhan, manusia butuh agama); Allah
sebagai Khalik (Allah sebagai pencipta, pengatur dan pemelihara; hak khalik
untuk disembah, Allhah Maha Kuasa dan Pemberi Rezeki); manusia sebagai makhluk,
diantara makhluk–makhluk lainnya (asal usul makhluk, macam, sifatnya, kedudukannya,
tugas manusia, serta hak dan konsekwensinya); Manusia dan Agama, (pengertian
agama, agama samawi danardi, fitrah manusia, faedah beragama); Agama Islam,
(pengertian agama islam, kebenaran agama Islam, sumber–sumber ajaran agama
islam ,aspek – aspek ajaran agama islam, karakteristik ajaran agama islam,
kedudukan ijtihat dalam ajaran Islam); Aqidah dalam Islam: Rukun iman dan
Islam.
Buku
sumber:
1. Abdul
A’laal Maududi, Prinsip – prinsip Islam,terjemahan Abdullah
Suhaili.
2. Ahmad
AzharBasyir, Manisia, Kebenaran Agama dan Toleransi
· Al Islam
kode :
UXSI
11202
Bobot :
2 sks
Isi:
Mata kuliah ini menyajikan
tentang, Pengertian dan ruang lingkup syari’ah, fungsi syari’ah, syari’ah dan
figh.
Buku
sumber:
- Sabih Ash Shiddiqi, Kuliah Ibadan
- Wahbah Al-Zualy, Al-Fiqh Al-islam wa Adilatuhu
- SayidSabiq, Fikih Al-Sunnah
- Ibnu Rusyd, Bidayah Al-mujtahid wa NIhayah al-muqtasid
- Al-Islam 2 Serial Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
· Filsafat Pendidikan Islam
kode : UXSI 1 2103
Bobot : 2
sks
Isi:
Mata kuliah ini menyajikan tentang Kebenaran Agama, Agama
Islam, Ciri-ciri Khusus Agama Islam, dan Sumber-sumber Ajaran Islam.
Buku
sumber:
- Dr. Shalib bin Fauzan, Kitab Tauhid, Darul Haq, Jakarta, 2005.
- Drs. A. Toto Suryana Af, M. Pd., dkk, Pendidikan Agama Islam, Tiga Mutiara, 1997.
- Prof. Dr. Hasan Langgulung, Asas-asa Pendidikan Islam, Pustaka Al-Husna Baru, 2003.
- Drs. Supiana, M Karman, Materi pendidikan Agama Islam, PT. Remaja Rosda Karya, 2003
- Prof. Dr. Hasan Langgulung , Pendidikan Islam dalam Abad ke 21, Pustaka Al-Husna Baru, 2003
· Pengantar
Pendidikan
kode :
PENN 21201
Bobot :
2 sks
Isi:
Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang:
hakikat manusia, teori–teori dan aliran pendidikan, landasan pendidikan serta
penerapan, lingkungan pendidikan, permasalahan pendidikan, sistem pendidikan
nasional, pengembangan dan pembangunan Pendidikan Nasional, serta masyarakat masa
depan.
Buku
sumber:
1. Dimyati, M 1988. Landasan
Kependidikan (Suatu Pengantar Pemikiran Keilmuan tentang Kegiatan Pendidikan). Jakarta: P2LPTK Depdikbud.
2. Purwanto,N. 1988. Ilmu Pendidikan: Teori dan Praktek. Bandung:
Ramaja Rosda Karya.
· Ilmu
Alamiah Dasar
kode : UXSI 11107
Bobot :
2 sks
Isi:
Mata kuliah ini membahas dasar-dasar
pengetahuan dan pengertian dalam memanfaatkan perkembangan sains dan mutakhir
secara populer terutama kesehatan masyarakat, aplikasi sains dan teknologi dan dasar-dasar
matematika modern. Diantaranya, Ruanglingkup alam, Perkembangan teknologi, dampak
perkembangan IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia
Buku Sumber:
·
Pendidikan Kewarganegaraan
kode : UXSN11205
Bobot :
2 sks
Isi:
Mata
kuliah ini memberikan pengertian tentang wawasan nusantara, kelangsungan hidup
bangsa melalui Tanda, pengembangan pengertian poltra hankamnas, dan pembahasan
tentang Hamkamrata.
Buku
sumber:
1.
Lemhamnas. Kewiraan Untuk Mahasiswa
2.
Lemhamnas. Wawasan Nusantara
3. TAP MPR, yang berkaitan dengan mata
perkuliahan
· Perkembangan
Peserta Didik
kode :
PENN 21202
Bobot :
2 sks
Isi:
Mata kuliah ini mengkaji dan membahas
tentang proses pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dan yang dapat
mempengaruhi hasil belajar, khususnya pada usia sekolah. Pemahaman pada mata
kuliah ini akan menjadi dasar bagi perkembangan dan pembinaan pengetahuan,
keterampilan dan sikap yang berkenaan dengan pertumbuhan dan perkembangan
renaja. Diantaranya karakteristik dan perbedaan individu peserta didik, perkembangan
intelektual, sosial, budaya, moral, dan penyesuaian diri remaja serta
penerapannya dalam penyelenggaraan pendidikan.
Buku
sumber:
1.
Darajat, Zakiah, 1982. Pembinaan
Remaja. Jakarta: Bulan Bintang
2.
Nasution,Noshi, drs.MA.Dkk. 1992. Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
3.
Haditono,Kartini, 1986. Psikoloogi
Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
· Belajar
dan Pembelajaran
Kode : PENN 22103
Bobot :
4 sks
Isi:
Mata kuliah ini akan membahas esnsi belajar dan pembelajaran, dengan
berbagai unsur, permasalahannya secara implikasinya dalam kegiatan belajar dan
pembelajaran. Diantaranya; esensi belajar dan pembelajaran menurut fsikologi,
ciri-ciri belajar dan pembelajaran, unsur-unsur dinamis yang terkait dengan proses
belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi
kesuksesan dan daya serap manusia, perhatian dan motivasi belajar, aktifitas
belajar, keterlibatan siswa, pengulangan belajar.
Buku
sumber:
1.
Ali,M. 1988. Guru
Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
2.
Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
3.
Boeree, C George. 2010. Metode Pembelajaran & Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
4.
Dahar R.W.1980. Teori – teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
5.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pmbelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
6.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Lerning. Bandung: Nusamedia.
· Interaksi
Belajar Mengajar
Kode : PBMN 33104
Bobot : 3 sks
Isi:
Perkuliahan ini merupakan penerapan dari
prinsip-prinsip
belajar dan mengajar Bahasa Indonesia,di dasarkan pada GBPP yang
berlaku.Kegiatan-kegiatan
dalam perkuliahan ini melipti; memilih dan mencobakan pendekatan, metode serta
sarana yang dapat di gunakan dalam mengajarkan satu pokok bahasan tertentu,
serta menerapkan komponen-komponen
pengelolaan kelas dan interaksi belajar mengajar, serta latihan menyusun
kegiatan laboratorium dan study lapangan.
·
Profesi Kependidikan
kode :
PENN 22204
Bobot :
3 sks
Isi:
Mata kuliah ini secara umum merupakan suatu ketentuan yang integral dengan
mata kuliah lain dalam kelompok MKDK. Mata kuliah ini memberikan pemahaman
esensi dari profesi kependidikan. Mahasiswa sebagai calon pendidik, diharapkan
dapat memahami profesi pendidikan dan memiliki kemampuan pelaksanaan pelayanan
bimbingan konseling dan administrasi supervisi pendidikan, sehingga sebagai
tenaga pendidikan memiliki wawasan profesionel antar tugas.
Buku
sumber:
1. Hendyat Soetoto & Westy Sumanto. 1982. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya:
Usaha Nasional.
2. Sanusi, Ahmad, dkk. 1991. Studi Pengembangan Model Kependidikan. Bandung:
IKIP Bandung.
3. R. Herman, 1979. Etika Keguruan Studi Pendekatan Terhadap Kode
Etik Guru Indonesia. Jakarta: Margi Wahyu.
· Pembinaan
dan Pengembangan Bahasa Indonesia
Kode : INDN
22228
Bobot : 4 sks
Isi:
Perkuliahan
ini dimaksud untuk melatih mahaiswa dalam mengembangkan program Pengajaran
Bahasa Indonesia sebagai sinteksis kemampuan-kemampuan yang telah di
kembangkan dalam perkuliahan-perkuliahan sebelumnya. Kegiatan perkuliahan ini
meliputi latihan terbatas menyusun satuan pelajaran, melaksanakannya dalam
kelompok, menilai, menganalisis dan melaksanakan kegiatan tidak lanjut untuk
perbaikan.
·
Teknologi Informasi dan Komunikasi
kode :
UXSI
31208
Bobot :
2 sks
Isi:
Mata
kuliah ini membahas penggunaan program pengolah kata (word processing),
spreadsheet dan program power point dalam pengolahan dan pelaporan informasi
dalam bidang statistika
manajemen
pendidikan bahasa,
penjumlahan kata dalam stilistika, pengolahan data pendidikan dan pengguna informasi. Mahasiswa
Pendidikan Bahasa Indonesia diharapkan mengenal dan mampu menggunakan teknologi
informasi dan komunikasi sehingga mampu bersain dengan jurusan-jurusan lain.
Buku
sumber:
1. Arifin, Johar &
Fauzi, Ahmad (2000). Aplikasi Excel dalam Bisnis Terapan. Jakarta: Elex Media
Computindo.
2. Arifin, Johar &
Fauzi, Ahmad (2000). Aplikasi Excel dalam Aspek Financial. Jakarta: Elex Media
Computindo.
3. Firmansyah, Risky
Ilham (2002). Buku Panduan Latihan Microsoft Word 2002. Surabaya: Penerbit
Indah.
4. Hidayatullah, A.
Taufik (2002). Belajar dan Profeional Microsoft Excel 2002. Surabaya: Penerbit
Indah
5. Kusrianto, Adi
(2000). Mengupas Tuntas Formula dan Fungsi Microsoft Excel. Jakarta: Elex Media
Computindo.
6. Pardosi, Mico. 1998.Panduan Belajar dan Latihan Microsoft Excel 97. Surabaya: Penerbit Indah
7. Saenudi, Adhe. 1996.
Keuangan dan Bisnis dengan Microsoft
Excel. Andi Offset:Jakarta.
8. Sinta Dewi, Natalia.
1995. Bagaimana Menggunakan Word,
terjemahan dari How to Use Word oleh Eric Stone. Elex Media
Komputindo:Jakarta.
9. Wahana Komputer
Semarang. 2002. Mengenal dan
Menggunakan Microsoft Office XP, Andi:Yogyakarta.
10. Catapult (1996).
Microsoft Office For Windows, Step by Step. Jakarta: Elex Media Komputindo.
·
Multimedia Pembelajaran
kode :
PBMI
32203
Bobot :
2 sks
Isi:
Membahas tentang hakekat, teori, jenis,
tujuan/ manfaat, bahan, cara membuat dan menggunakannya di kelas sesuai dengan materi yang akan disampaikan
dan tujuannya.
Buku sumber:
1.
Sadaiman, Arif. 1986. Media
Pendidikan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Grafiti.
2. Hjamalik, Oemar. 1992. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit
Alumni.
·
Program Pengalaman Lapangan
kode :
PBMN
54110
Bobot :
4 sks
Isi:
Program ini dibagi dalam dua tahap.Tahap pertama merupakan observasi di
sekolah yang bertujuan agar mahasisya lebih mengenal lingkup program dan orga
nisasi / administrasi sekolah.Tahap ke dua merupakan latihan melakukan tugas-tugas yang
lazim di lakukan guru di sekolah,baik dalam mengajar maupun di luar mengajar.
·
Thesis/ Skripsi (6 sks)
kode :
INDN
44237
Bobot :
6 sks
Isi:
Program ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa menerapkan pengetahuannya
dalam memecahkan masalah nyata dalam ilmunya atau dalam pengajaran bidang
studinya. Isinya mencakupnya penelaahan/ analisis masalah yang telah disediakan,
merancang dan melaksanakan ke giatan untuk memecahkan masalah, serta melaporkan hasilnya.
Buku
sumber:
1.
J.W.West.Research in Education. 3 rd
ed.New Delhi:Prentice-hall of India
2.
Rusyana, Yus dan Samsuri. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
3.
Buku-buku
paduan cara membuat karya ilmiah.
· Evaluasi
Pengajaran Bahasa
Kode :
PBMN
33105
Bobot :
2 sks
Isi:
Perkuliahan ini dimaksudkan untuk
mengembangkan kemampuan mahasiswa merancang dan melaksanakan penilaian hasil
belajar Bahasa Indonesia. Kegiatannya meliputi latihan membuat rancangan test
hasil belajar siswa, menyusun berbagai bentuk soal tes sesuai dengan tujuan dan
kaidah penyusunan soal, mengolah hasil tes sampai diperoleh nilai hasil belajar
siswa, menganalisis soal, dan menyimpulkan hasil analisis untuk perbaikan.
· Sejarah
Sastra
Kode : INDN 21223
Bobot : 2
sks
Isi:
Mempelajari dan mengetengahkan tentang
sejarah perkembangan sastra Indonesia dari tradisional ke modern,
priodisasinya; Angkatan Balai Pustaka, angkatan 45, Angkatan 70-an, Sastra Lama, Sastra baru dan
Sastra kontenporer. Selain itu, berbicara tentang latar belankang sosial
politik, akibatnya terhadap sastra, pengarang dan karya-karyanya.
Buku sumber:
- Al-Mubary, Dasri. 2002. Puisi Dan Prosa. Pekanbaru: Yayasan Sepadan Tamadun.
- Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Atmazaki. 2005. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: Citra Budaya.
4.
Caniago, Arifin dan Bagas Pratama. 1998. 5700 Peribahasa Indonesia. Bandung:CV
Pustaka Setia.
- Hamidy, UU. 1983. Pembahasan Karya Fiksi dan Puisi. Pekanbaru: Bumi Pustaka.
- Laelasari dan Nurlailah. 2006. Kamus Istilah Sastra. Bandung: Nuansa Aulia.
- Luxembrung, Jan van, dkk. 1987. Tentang Sastra. Jakarta: Intermasa.
- Pradopo, Rahmat Joko, 1995. Analisis Puisi. Yokyakarta: Gadjah Mada University Press.
9.
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
10.
Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Estetika Sastra dan Budaya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
- Rani, Supratman Abdul. 1996. Ikhtisar Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia
12.
Rosidi Ajib.1993. Iktisar Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga
- Semi, M, Atar. 1990. Metode Penelitian Sastra. Bandung : Angkasa.
- Subroto, D. Edi dkk.1999. Telaah Stilistika Novel Berbahasa Jawa tahun 1980-an. Jakarta: DEPDIKBUD
- Suwondo, Tirto. 2007. Studi Sastra: Beberapa Alternatif. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.
16.
Teeuw, A. 1989. Sastra Indonesia Modern,Jilid I dan II, Jakarta: Pusaka
Jaya.
- Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Surakarta: (?)
- Wiyatno, Asus. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo
- WS, Hasanuddin. 2002. Membaca dan Menilai Sajak. Pengantar Pengkajian dan Interprestasi. Bandung: Angkasa
- Yuwana, Setya, dkk. 2000. pendekatan stilistik dalam puisi jawa modern dialek using. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan bahasa.
21.
Zalila Sharif. 2003. Feminisme
dalam Kesustraan Malaysia dan Asia Tenggara. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan
Pustaka.
· Puisi
Kode : INDN 22124
Bobot : 4
sks
Isi:
Membahas teori-teori puisi, jenis-jenis
puisi lama dan baru, kriteria, struktur, pendekatan, jenis, kecendrungan dan
contoh-contoh
puisi Indonesia modern mulai dari angkatan Balai Pusaka sampai angkatan 70-an
serta puisi kontenporer. Pengajaran puisi ini juga meneroka penrkembangan puisi
yang dihasilkan oleh goresan tangan sastrawan Riau khususnya dan Indonesia
umumnya.
Calon pendidik Bahasa indonesia diharapkan
dapat mengenal satrawan yang baik untuk
dicontoh sehingga calon pendidik mampu menghalilkan peserta didik yang kreatif
dan inovatif. Sebagai aplikasinya, mahasiswa dilatih untuk mengarang puisi,
mengapresiasi dan mampu mengajarkannya di sekolah. Manfaat mata kuliah ini
sangat diperlukan karena pengajaran sastra Indonesia di sekolah dipelajarai di
setiap semester.
Buku
sumber:
- Al-Mubary, Dasri. 2002. Puisi Dan Prosa. Pekanbaru: Yayasan Sepadan Tamadun.
- Aminuddin. 1995. Stilistika: Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang Press.
- Atmazaki. 2005. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: Citra Budaya.
- Hamidy, UU. 1983. Pembahasan Karya Fiksi dan Puisi. Pekanbaru: Bumi Pustaka.
- Laelasari dan Nurlailah. 2006. Kamus Istilah Sastra. Bandung: Nuansa Aulia.
- Luxembrung, Jan van, dkk. 1987. Tentang Sastra. Jakarta: Intermasa.
- Pradopo, Rahmat Joko, 1995. Analisis Puisi. Yokyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Rani, Supratman Abdul. 1996. Ikhtisar Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia
- Semi, M, Atar. 1990. Metode Penelitian Sastra. Bandung : Angkasa.
- Subroto, D. Edi dkk.1999. Telaah Stilistika Novel Berbahasa Jawa tahun 1980-an. Jakarta: DEPDIKBUD
- Suwondo, Tirto. 2007. Studi Sastra: Beberapa Alternatif. Yogyakarta: PT Hanindita Graha Widya.
12.
Teeuw, A. 1989. Sastra Indonesia Modern,Jilid I dan II, Jakarta: Pusaka
Jaya.
- Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Surakarta: (?)
- Wiyatno, Asus. 2005. Kesusasteraan Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo
- WS, Hasanuddin. 2002. membaca dan Menilai sajak. Pengantar Pengkajian dan Interprestasi. Bandung: Angkasa
· Prosa,
Fiksi dan Drama
Kode : INDN 23125
Bobot : 4
sks
Isi:
Mata kuliah ini berisi pengetahuan tentang
teori prosa, fiksi dan drama, jenis, kriteria, struktur, pendekatan, aliran, sastra
dan cara menciptakannya. Selain membaca berbagai contoh cerpen, novel dan
drama dari berbagai angkatan serta mampu mengapresiasi dan mengajarkannya sesuai dengan materi di
sekolah. Kemampuan berpuisi, dan berdrama layaknya harus dikuasai oleh calon
pendidik yang telah mempelajari mata kuliah ini.
Keterkatarikan terhadap prosa, fiksi dan
drama calon pendidik diharapkan menimbulkan daya kreativitas calon pendidik,
sehingga tak calon pendidik tidak hanya mampu berkarya. Selain itu diharapkan
calon pendidik mampu mengamati dan menganalisis karya sastra yang tumbuh maupun
yang telah hilang dari peredaran masa. Kemampuan mengkritisi karya sastra,
mememrlukan pembacaan terhadap karya sastra tersebut, sehingga dengan hal ini
menuntut calaon pendidik untuk selalu tahu perkembangan sastra Indonesia.
Buku
sumber:
1. Al-Mubary, Dasri.
2002. Puisi Dan Prosa. Pekanbaru: Yayasan Sepadan Tamadun.
2. Aminuddin. 1995. Stilistika:
Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Semarang: IKIP Semarang
Press.
3. Atmazaki. 2005. Ilmu
Sastra: Teori dan Terapan. Padang: Citra Budaya.
4. Hamidy, UU. 1983. Pembahasan
Karya Fiksi dan Puisi. Pekanbaru: Bumi Pustaka.
5. Laelasari dan
Nurlailah. 2006. Kamus Istilah Sastra. Bandung: Nuansa Aulia.
6. Luxembrung, Jan van,
dkk. 1987. Tentang Sastra. Jakarta: Intermasa.
7. Nurgiantoro,
Burhan. Pemahaman Fiksi. Yokyakarta:
Gajah Mada University Press.
8. Pradopo,
Rahmat Joko, 1995. Analisis Puisi.
Yokyakarta: Gadjah Mada University Press.
9. Rani, Supratman
Abdul. 1996. Ikhtisar Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia
10.
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
11.
Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Estetika Sastra dan Budaya. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
12. Rani, Supratman
Abdul. 1996. Ikhtisar Sastra Indonesia. Bandung: Pustaka Setia
13.
Rosidi Ajib.1993. Iktisar Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga
14. Rendra.
1982. Rendra tentang Bermain Drama. Jakarta:
Pustaka Jaya.
15. Semi, M, Atar. 1990.
Metode Penelitian Sastra. Bandung : Angkasa.
16. Subroto, D. Edi
dkk.1999. Telaah Stilistika Novel Berbahasa Jawa tahun 1980-an. Jakarta:
DEPDIKBUD.
17. Suwondo, Tirto.
2007. Studi Sastra: Beberapa Alternatif. Yogyakarta: PT Hanindita Graha
Widya.
·
Fonologi Bahasa Indonesia
Kode : INDN 22111
Bobot : 3 sks
Isi:
Fonologi adalah ilmu yang mempelajari tentang
bunyi bahasa. Dengan mempelajari mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia calon
pendidik akan mengetahui bagai bunyi abjad dalam bahasa Indoesia dihasilkan.
Dengan demikian calon pendidik dapat membedakan bunyi bahasa Indonesia dengan
bunyi bahasa lain.
Buku Sumber:
1.
Ahmad, Zaharani dan Teoh Boon Seong. Fonologi Autosegmental (Penerapannya pada Bahasa Melayu). Kuala
Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
2.
Alwi, Hasan dkk. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
3.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1978. Tata bahasa Baru Bahsa Indonesia 1. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
4.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1978. Tata bahasa Baru Bahsa Indonesia 2. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
5.
Badudu, Abdul Muis dan Herman. 2005. Mofosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta
6.
Dendy Sugono. 2004. Berbahasa
Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
7.
. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1.
Jakarta: Pusat Bahasa.
8.
. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2.
Jakarta: Pusat Bahasa.
9.
Halim, Amran. 1980. Politik
Bahasa Nasional 1. Jakarta: Balai
Pustaka.
10.
. 1980. Politik Bahasa Nasional 2. Jakarta: Balai Pustaka.
11.
Hasimah Jalaludin. 2007. Asas Fonetik. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
12.
Marsono. 1999. Fonetik.
Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
13.
Muslih, Mansur. 2010. Fonologi
Bahasa Indonesia ( Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia).
Jakarta: Bumi Aksara.
14.
Keraf, Gorys. 1980. Tata
Bahasa Indonesia. Ende-Flores: Nusa Indah
15.
Ramlan, M. 1988. Fonologi Bahasa Indonesia. Bandung: Sinar Baru
16.
. 1980.
Kata Depan Atau Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: U.P Karyono.
17.
Rusyana, Yus dan Samsuri. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
·
Morfologi Bahasa Indonesia
Kode : INDN 22111
Bobot : 3 sks
Isi:
Morfolgi merupakan ilmu yang mempelajari
tentang bentuk bahasa. Morfologi Bahasa Indonesia mebelajrkan tentang tata
bentuk bahasa Indonesia. Selian itu, mata kuliah ini memaparkan teori-teori
tentang morfologi, terutama dalam bahasa Indonesia, meliputi pengertian, ruang
lingkup, jenis, maknanya dan contohnya.
Perkembangan teori morfologi dari teori
struktural, Autosegmental, hipotesis tata tingkat urutan sampai pada teori
Optimalitas juga diajarkan. Pembeberan teori baru diperuntukkan untuk kemajuan
perkembangan bahasa yang ada. Kepada mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dalam
proses pembelajaran di Sekolah dan ke Bahasan Sehari-hari.
Buku
sumber:
1.
Alwi, Hasan dkk. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
2.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1978. Tata bahasa Baru Bahsa Indonesia 1. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
3.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1978. Tata bahasa Baru Bahsa Indonesia 2. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
4.
Badudu, Abdul Muis dan Herman. 2005. Mofosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta
5.
Dendy Sugono. 2004. Berbahasa
Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
6.
. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1.
Jakarta: Pusat Bahasa.
7.
. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2.
Jakarta: Pusat Bahasa.
8.
Halim, Amran. 1980. Politik
Bahasa Nasional 1. Jakarta: Balai
Pustaka.
9.
. 1980. Politik Bahasa Nasional 2. Jakarta: Balai Pustaka.
10.
Keraf, Gorys. 1980. Tata
Bahasa Indonesia. Ende-Flores: Nusa Indah
11.
Ramlan, M. 1988. Morfologi Bahasa Indonesia. Bandung: Sinar Baru
12.
Ramlan. 1980. Kata Depan Atau Preposisi dalam Bahasa Indonesia.
Yogyakarta: U.P Karyono.
13.
Rusyana, Yus dan Samsuri. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
· Sintaksis
Bahasa Indonesia
Kode : INDI
232113
Bobot : 2 sks
Isi:
Memaparkan teori-teori dengan tentang
sintaksis, terutama dalam bahasa Indonesia, meliputi pengertian, ruang lingkup,
jenis, maknanya dan contohnya. Calon pendidik akan dibebrkan dengan
perkembangan ilmu sintaksis yang lama dan yang terbaru. Selaras dengan itu,
teori perkembangan sitaksis dari struktural, hingga teori sintaksis terbaru
yaitu teori minimalis, akan diberikan kepada mahasiswa melalui mata kuliah
Sintaksis Bahasa Indonesia dan Sintaksis Bahasa Indonesia Lanjut.
Pemeberan teori-teori ini menuntut
mahasiswa untuk dapat menerapkan teori-teori tersebut untuk dianalisis dalam
bahasa Indonesia dan bahasa daerah di indonesia, sehingga dengan demikan, calon
pendidik akan kaya dengan pengetahuan tentang bahasa. Selain itu, kepada
mahasiswa diharapkan dapat menerapkan dalam proses pembelajaran di Sekolah dan
ke Bahasan Sehari-hari.
Buku
sumber
1.
Alwi, Hasan dkk. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
2.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1978. Tata bahasa Baru Bahsa Indonesia 1. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
3.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1978. Tata bahasa Baru Bahsa Indonesia 2. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
4.
Badudu, Abdul Muis dan Herman. 2005. Mofosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta
5.
Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis
Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.
6.
Dendy Sugono. 2004. Berbahasa
Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
7.
. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia 1.
Jakarta: Pusat Bahasa.
8.
. 2003. Buku Praktis Bahasa Indonesia 2.
Jakarta: Pusat Bahasa.
9.
Halim, Amran. 1980. Politik
Bahasa Nasional 1. Jakarta: Balai
Pustaka.
10.
. 1980. Politik Bahasa Nasional 2. Jakarta: Balai Pustaka.
11.
Markhamah, dkk. 2010. Sintaksis
2: Keselarasan Fungsi, Kategori dan Peran dalam Klausa. Surakata:
Muhamddyah University Press.
12.
Keraf, Gorys. 1980. Tata
Bahasa Indonesia. Ende-Flores: Nusa Indah
13.
Ramlan. 1980. Kata Depan Atau Preposisi dalam Bahasa
Indonesia. Yogyakarta: U.P Karyono.
14.
. 2001.
Ilmu Bahasa Indoonesia Sintaksis.
Yogyakarta: U.P Karyono.
15.
Rusyana, Yus dan Samsuri. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Wacana Bahasa Indonesia
Kode : INDN 23218
Bobot : 2
sks
Isi:
Menyajikan kaidah, syarat-syarat dan
cara membuat wacana yang ideal serta dapat menerapkannya dalam karya ilmiah. Selain
itu juga disajikan tentang teori, prinsip dan jenis makna dalam bahasa
Indonesia. Mata kuliah wacana tidak terlepas dari pengetahuan tentang,
fonologi, morfologi dan sintaksis. Untuk memnghasilkan wacana yang baik.
Bukui
sumber
1.
Alwi, Hasan dkk. 2008. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
2.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1978. Tata bahasa Baru Bahsa Indonesia 1. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
3.
Alisjahbana, Sutan Takdir. 1978. Tata bahasa Baru Bahsa Indonesia 2. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
4.
Badudu, Abdul Muis dan Herman. 2005. Mofosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta
5.
Dendy Sugono. 2004. Berbahasa
Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
6.
Dendy Sugono. 2003. Buku
Praktis Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Pusat Bahasa.
7.
Dendy Sugono. 2003. Buku
Praktis Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Pusat Bahasa.
8.
Halim, Amran. 1980. Politik
Bahasa Nasional 1. Jakarta: Balai
Pustaka.
9.
Halim, Amran. 1980. Politik
Bahasa Nasional 2. Jakarta: Balai
Pustaka.
10.
Markhamah, dkk. 2010. Sintaksis
2: Keselarasan Fungsi, Kategori dan Peran dalam Klausa. Surakata:
Muhamddyah University Press.
11.
Marsono.
2006. Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
12.
Keraf, Gorys. 1980. Tata
Bahasa Indonesia. Ende-Flores: Nusa Indah
13.
. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa.
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
14.
Kridalaksana,
Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
15.
Ramlan. 1980. Kata Depan Atau Preposisi dalam Bahasa
Indonesia. Yogyakarta: U.P Karyono.
16.
. 2001.
Ilmu Bahasa Indoonesia Sintaksis.
Yogyakarta: U.P Karyono.
17.
. 1980. Kata Depan Atau Preposisi dalam
Bahasa Indonesia. Yogyakarta: U.P Karyono
18.
Rusyana, Yus dan Samsuri. Pedoman Penulisan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
19.
Taringan, Hendri Guntur, 1992. Pengajaran Wacana,Bandung;
Angkasa.
20.
Pusat
Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
21.
Tukan,
P. 2006. Mahir Berbahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Kelas X.
Jakarta: Yudhistira
22.
Usman,
Zuber. 1978. Kesusasteraan Lama Indonesia. Malaka: Penerbitan Abbas
Bandung.
Posting Komentar