Headlines News :
Home » » SILABUS

SILABUS

Written By Unknown on Senin, 10 September 2012 | 10.02

SILABUS

DESKRIPSI DAN SILABUS MATA KULIAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHAS DAN SENI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU
2012

1. SEMANTIK BAHASA INDONESIA

    Mempelajari mata kuliah Semantik Bahasa mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang makna sebagai bekal untuk mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia di sekolah. Materi-materi bermanfaat akan dibahas seperti sejarah dan perkembangan semantik, hubungan semantik dengan ilmu lain, aspek-aspek semantik, aspek-aspek makna, kajian, medan, jenis, relasi, dan perubahan makna. Hal yang paling penting adalah kaitan semantik dengan masyarakat. Misalnya, penerapan semantik dalam  pengajaran bahasa di sekolah menengah. Dalam hal ini, mahasiswa diharapkan dapat memanfaat dan mengolah sastra lisan yang tersembunyi di sebuah masyarakat untuk diangkat sebagai objek kajian untuk memenuhi tugas akhir berbentuk makalah individu. Sastra lisan yang dimaksud adalah mantra.

Pendekatan ekspositoris digunakan dalam pembelajaran mata kuliah ini, selain ceramah dan tanya jawab yang dilengkapi dengan penggunaan papan tulis dan LCD, serta pendekatan inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, diskusi, serta pemecahan masalah. Hal terpenting adalah mahasiswa harus terun langsung ke lapangan untuk meneliti tentang mantra.

Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui tugas mingguan yang akan dituangkan dalam blogger, UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas baik tugas mandiri maupun kelompok; latihan; dan diskusi. Buku sumber utama: Chaer, A. (2002). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia; Leech, G. (1981) Semantics: The Study of Meaning;  Parera, J.D. (1993). Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa; Pateda, M. (1986). Semantik Leksikal; Prawirasumantri, A. (1998). Semantik Bahasa Indonesia; Tarigan, H.G. (1985) Pengajaran Semantik.
SILABUS

1.  Identitas Mata Kuliah
    Nama mata kuliah        : Semantik Bahasa Indonesia
    Jumlah SKS                 : 2 sks
    Semester                      : 6
    Kode Mata Kuliah       : INDN 23215
    Program studi              : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia/S-1
    Prasyarat                     : Telah lulus mata kuliah Linguistik Umum, Fonologi BI,  Morfologi BI, 
                                           dan Sintaksis BI
    Dosen                          : Roziah, S.Pd., M.A.

2. Tujuan
    Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan semantik bahasa Indonesia memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang semantik bahasa Indonesia sebagai dasar dan bekal untuk mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia di sekolah menengah. Hal terpenting, mahasiswa diharapkan dapat menerjemahkan makna kata-kata yang terdapat dalam mantra di daerah masing-masing.

3. Pendekatan pembelajaran:
a. Ekspositori  dan inkuiri
-    Metode: ceramah, tanya jawab, diskusi
-    Tugas: makalah, penyajian, dan diskusi
-    Media: LCD
b. Wawancara
    -    Rekaman mantra dari hasil wawancara
    -    Analisis makna yang terdapat dalam mantra yang direkam

4. Evaluasi
    - Kehadiran, penyajian, diskusi dan nilai harian (30%)
    - Makalah (30%)
    - UTS dan UAS (20%)
    - Informasi dalam blogger (20%)
5. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan

Pertemuan               Materi
1                              Rencana Perkuliahan; Sejarah dan Perkembangan Semantik
2                              Hubungan Semantik dengan Ilmu Lain
3                              Aspek-aspek Semantik dan Aspek-aspek Makna
4                              Kajian Makna
5                              Medan Makna
6                              Jenis Makna
7                              Relasi Makna
8                              UTS
9                              Pengambilan data Mantra
10                            Perubahan Makna
11                            Pengajaran Makna Kata di SMP
12                            Pengajaran Makna Kata di SMA
13                            Praktek lapangan
14                            Penyelesaian persoalan makalah
15                            Tanya jawab (diskusi) Penyelesaian persoalan makalah
16                             UAS

        
7. Daftar Buku Rujukan
Chaer, A. (2002). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Parera, J.D. (1993). Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Pateda, M. (1986). Semantik Leksikal. Flores: Nusa Indah.
Prawirasumantri, A. (1998). Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H.G. (1985) Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa.
Aminudin. (1988). Semantik: Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru.
Djajasudarma, T.F. (1993). Semantik 1 dan 2: Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: Eresco.
Slamet Mulyana. (1964). Semantik (Ilmu Makna). Jakarta: Jambatan.



2.  MENULIS LANJUT
A.    Informasi Umum
1. Nama Mata Kuliah    :  Menulis Lanjut
3. Kode Mata Kuliah    :  INDI 22208
4. Bobot Mata Kuliah    :  2 SKS
5. Program Studi        :  Pendidikan Bahasa Indonesia
6. Semester        :  IV (Empat)
7. Dosen            :  Drs. Jamilin T, M.Ed.
                             Hermaliza, M.Pd.

B.    Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dirancang dan disusun khusus agar mahasiswa memperoleh keterampilan menulis.  Dalam perkuliahan ini dibahas tentang ejaan, kutipan, rujukan, daftar pustaka, paragraf dan pengembangannya serta surat-menyurat.

C.    Tujuan
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami serta memiliki pengetahuan, keterampilan menulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan yang benar.

D.    Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 : Pengantar Perkuliahan
Pertemuan 2 : Menulis Sebagai Suatu Proses
Pertemuan 3 : Penerapan Kaidah Ejaan
Pertemuan 4 : Kutipan
Pertemuan 5 : Catatan Kaki
Pertemuan 6 : Daftar Pustaka
Pertemuan 7 : Paragraf dan Pengembangannya
Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester (UTS)
Pertemuan 9 : Narasi
Pertemuan 10 : Eksposisi
Pertemuan 11 : Argumentasi
Pertemuan 12 : Deskripsi
Pertemuan 13 : Persuasi
Pertemuan 14 : Surat Menyurat
Pertemuan 15 : Surat Menyurat
Pertemuan 16 : Surat Menyurat
Pertemuan 17 : Ujian Akhir Semester (UAS)

E.    Bahan Bacaan

Atmazaki. 2006. Kiat-Kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: Yayasan Citra Budaya Indonesia.
Badudu, J.S. 1984. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia.   
Depdikbud. 1991. Surat Menyurat dalam Bahasa Indonesia. Jakarta.
Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Natawidjaja, P. Suparman. 1996, Teras Komposisi. Jakarta: Penerbit PT Intemasa.
Parera, Jos Daniel. 1987. Menulis Tertib dan Sistematik. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Ramlan, M. dkk. 1992. Bahasa Indonesia Yang Salah dan Yang Benar. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Soedjito, dan Solchan TW. 1994. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
SILABUS MATA KULIAH
   
 3. PERBANDINGAN BAHASA NUSANTARA
A.    Informasi Umum
1. Nama Mata Kuliah    : Perbandingan Bahasa Nusantara
3. Kode Mata Kuliah    : INDN 23231
4. Bobot Mata Kuliah   : 2 SKS
5. Program Studi           : Pendidikan Bahasa Indonesia
6. Semester                    : VI (Enam)
7. Dosen                         : Dra. Saidat Dahlan
                                          Hermaliza, M.Pd.


B.    Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan kuliah lanjut dari perkuliahan Linguistik Umum, Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik. Dalam perkuliahan ini dibahas Teori Perbandingan Bahasa, Metode Penyelidikan Linguistik Komparatif, Klasifikasi Bahasa, Metode Klasifikasi Bahasa, Asal-usul Bahasa Nusantara, Hukum Bunyi Bahasa Nusantara, Leksikostatistika & Glotokronologi, Praktek Lapangan Penelitian Bahasa secara Kontrastif atau Komparatif, dan Seminar Hasil Praktik Lapangan.
   

C.    Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memadai tentang linguistik historis komparatif (perbandingan bahasa nusantara) dan peranannya dalam pembinaan dan pengajaran bahasa Indonesia.
   

D.    Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 : Teori Perbandingan Bahasa
Pertemuan 2 : Metode Penyelidikan Linguistik Komparatif
Pertemuan 3 : Klasifikasi Bahasa
Pertemuan 4 : Metode Klasifikasi Bahasa
Pertemuan 5 : Asal-usul Bahasa Nusantara
Pertemuan 6 : Hukum Bunyi Bahasa Nusantara
Pertemuan 7 : Leksikostatistika & Glotokronologi
Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester (UTS)
Pertemuan 9 : Praktek Lapangan Penelitian Bahasa secara Kontrastif atau Komparatif (perbandingan)
Pertemuan 10 : Seminar Hasil Praktek Lapangan
Pertemuan 11 : Seminar Hasil Praktek Lapangan
Pertemuan 12 : Seminar Hasil Praktek Lapangan
Pertemuan 13 : Seminar Hasil Praktek Lapangan
Pertemuan 14 : Seminar Hasil Praktek Lapangan
Pertemuan 15 : Seminar Hasil Praktek Lapangan
Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester (UAS)


E.    Bahan Bacaan
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Gonda, J. 1988. Linguistik Bahasa Nusantara: Kumpulan Karya. Jakarta: Balai Pustaka.

Keraf, Gorys. 1991. Linguistik Bandingan Historis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun, 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Gragindo Persada.

Mahsun. 1995. Dialektologi Diakronis: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurjanah, Nunuy. 2008. Linguistik Historis Komparatif. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah.

Parera, Jos Daniel. 1981. Linguistik Bandingan Nusantara. Jakarta: FPBS IKIP Jakarta.

Parera, Jos Daniel. 1982. Pengantar Linguistik Umum Kisah Zaman Seri A. Flores: Nusa Indah.

Parera, Jos Daniel. 1987. Studi Linguistik Umum dan Historis Bandingan. Jakarta: Erlangga.

Samsuri. 1987. Analisis Bahasa. Jakarta: Erlangga.
   
Sjarif, Sjahrul. 1975. Pengantar Ilmu Bandingan Bahasa Nusantara. Bandung: FKSS IKIP Bandung.

Slametmulyana. 1982. Asal Bangsa dan Bahasa Nusantara. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Wojowasito, S. 1965. Linguistik Sejarah Ilmu (Perbandingan) Bahasa. Djakarta: Gunung Agung.

Pekanbaru,   Januari 2012


Hermaliza, M.Pd.


Pertemuan   
Pokok Bahasan
    Sumber
1.    Pengantar Perkuliahan
Membahas:
1.    Tujuan mata kuliah
2.    Ruang lingkup mata kuliah
3.    Kebijakan pelaksanaan perkuliahan
4.    Kebijakan penilaian hasil belajar
5.    Tugas yang harus diselesaikan
6.    Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya
7.    Hal-hal lain yang esensial dalam pelaksanaan perkuliahan.

Teori Perbandingan Bahasa    
2.    Metode Penyelidikan Linguistik komparatif   
3.    Klasifikasi Bahasa    
4.    Metode Klasifikasi Bahasa    
5.    Asal-usul Bahasa Nusantara    
6.    Hukum Bunyi Bahasa Nusantara    
7.    Leksikostatistika & Glotokronologi   
8.    UTS   
9.       
10.       
11.       
12.       
13.       
14.       
15.       
16.       



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)


MATA KULIAH            : Bahasa Indonesia
KODE MATA KULIAH            :
BOBOT SKS            : 2 SKS
WAKTU PERTEMUAN             : 2 X 50 Menit
PERTEMUAN KE-     : 1

A. TUJUAN INSTRUKSIONAL
1. UMUM    : Mahasiswa dapat mengetahui fungsi, tujuan, dan      manfaat pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia.
2. KHUSUS    : Mahasiswa rencana ranah pembelajaran Bahasa Indonesia.

B. POKOK BAHASAN     :  Arti, Fungsi, dan Kedudukan Bahasa Indonesia

C. SUB POKOK BAHASAN : - Pentingnya bahasa
   - Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi.
   - fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR:

Tahap Kegiatan    Kegiatan Pengajar    Kegiatan Mahasiswa    Media dan Alat Peraga
Pendahuluan

Penyajian Materi
Penutup
•    Mengadakan prites
•    Pengantar MK bahasa Indonesia
•    Cakupan materi bahasa Indonesia
•    Tujuan dan manfaat pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa
•    Menjelaskan pengertian bahasa
•    Menjelaskan fungsi bahasa sebagai alat
•    Menutup pertemuan
•    Merangkum materi yang telah disampaikan
•    Menanyakan kepada mahasiswa tentang materi yang disampaikan.    Mendengarkan/
Menyimak
Mendengarkan
Mendengar
Mengemukakan pendapat    Papan tulis/spidol

Papan tulis/spidol
E.EVALUASI      :  Memberi pertanyaan dan tugas (PR) materi pertemuan 1.
F.REFERENSI : Faizah, Hasnah. 2008. Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Alek A dan Achmad H.P. 2010. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana.

3.

  
DESKRIPSI DAN SILABUS
LINGUISTIK UMUM
INDN 21120

DOSEN: Roziah, S.Pd., M.A.
 
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA  DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
2012
DESKRIPSI MATA KULIAH
Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya). Az-ZukhRuf: 3. Berpijak dari ayat tersebut,  maka perlu ada penelitian berhubungan dengan materi-materi yang terdapat pada mata kuliah Linguistik Umum menurut pandangan Islam. Mengingat Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian program studi (INDN) di Universitas Islam.
Usai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang memadai mengenai ayat-ayat dasar yang berhubungan dengan bahasa dalam Al-Quran dan Hadist. Selain itu, mahasiswa dituntut untuk memahami hakikat dan karakteristik bahasa, metodologi penelitian linguistik, sejarah perkembangan linguistik, serta madhab dan dikotomi studi bahasa (linguistik) sebagai dasar kajian dan pengajaran bahasa serta Linguistik Islam. Ilmu umum yang dipelajari seperti proses dan fungsi komunikasi bahasa, sistem dan struktur bahasa, satuan-satuan bahasa, metodologi penelitian bahasa, bidang-bidang kajian linguistik, sejarah perkembangan linguistik, Linguistik bandingan komparatif, serta beberapa madhab dan dikotomi linguistik.

SILABUS
1. Identitas Mata kuliah
Nama mata kuliah          : Linguistik Umum
Nomor kode                     : INDN 21120
Jumlah SKS                     : 2 SKS
Semester : 1
Kelompok mata kuliah  : INDN
Program Studi                 : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Jurusan                            : Pendidikan Bahasa dan Seni/S-1
Status mata kuliah          : -Prasyarat : -
Dosen                              : Roziah, S.Pd., M.A.
2. Tujuan
Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang  memadai mengenai Linguistik yang berkaitan hakikat dan karakteristik bahasa, metodologi penelitian linguistik, sejarah perkembangan linguistik, serta madhab dan dikotomi studi bahasa (linguistik) sebagai dasar kajian dan pengajaran bahasa serta Linguistik dalam Islam.
3. Pendekatan Pembelajaran:
Pendekatan dasar yang digunakan adalah Ekspositori dan inkuiri dengan metode pembelajaran seperti:
- ceramah,
- tanya jawab,
- diskusi,
- penyelesaian kasus, dan
- Penyajian makalah.
- Tugas : laporan buku, makalah, penyajian dan diskusi
4. Evaluasi
- Kehadiran (20%)
- Tugas (20%)
- Keaktifan (20%)
- MID (15%)
-UAS (25%)
6. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
 
Pertemuan
Materi
Tugas
1
Rencana perkuliahan dan kontrak perkuliahan
2
Pengertian Linguistik menurut para Ahli,: batasan, hakikat, dan karakteristik bahasa
Mahasiswa wajib Meresensi buku Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta (tulisan Tangan)
3
Konsep dan hakikat Linguistik Umum objek linguistik, Proses dan fungsi bahasa
4
Sistem dan struktur bahasa
5
Metodologi penelitian bahasa
Mahasiswa wajib Meresensi buku Verhaar, J.W.M. 1982. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: UGM Press (Tulisan Tangan)
6
Linguistik teoretis
7
Linguistik antardisiplin dan terapan
8
UTS
9
Pertemuan 9: Perkembangan linguistik
Mahasiswa wajib Meresensi buku Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
10
Linguistik Tradisional
11
Linguistik Struktural Eropa
12
Linguistik Struktural Amerika
Mahasiswa wajib Meresensi buku Parera, Jos Daniel. 1987. Studi Linguistik Umum dan Historis Bandingan. Jakarta: Erlangga.
13
Tatabahasa Transformasional
14
Tatabahasa Kasus dan Relasional
15
Linguistik Mutakhir: Teori Government-Binding
16
UAS
7. Daftar Buku
a. Bahan Wajib
Al-Quran
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.
Pateda, Mansoer. 1988. Linguistik. Bandung: Angkasa.
Verhaar, J.W.M. 1982. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: UGM Press
---------. 1982. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM Press
Parera, Jos Daniel. 1987. Studi Linguistik Umum dan Historis Bandingan. Jakarta: Erlangga.
b. Referensi
Cahyono, Bambang Yudi. 1995. Kristal-kristal Ilmu Bahasa. Surabaya: Airlangga UP.
Cook, Walter A. 1970. Introduction to Tagmemic Analysis. New York: Holt, Rinehart, and Winston.
Dik, Simon C. 1981. Fungtional Grammar. Amsterdam: Forris Pub.
Dik, Simon C. & J.G. Kooij. 1994. Ilmu Bahasa Umum. Jakarta: Pusat Bahasa.
Dinnen, Francis F. 1967. An Introduction to General Linguistics. Washington: GUP.
Droste, Flip G. & John E. Joseph (Ed). Linguistic Theory and Grammatical Description. Amsterdam: John Benjamin Pub. Co.
Kentjono, Djoko et al. 1982. Dasar-dasar Linguistik Umum. Jakarta: FASA UI.
Robins, R.H. 1981. General Linguistik. London: Longman.
---------. 1995. Sejarah Singkat Linguistik. Bandung: ITB.
Rusyana, Yus & Samsuri. 1976. Pedoman Penulisan Tata bahasa Bahasa
Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Sampson, Geoffrey. 1980. School of Linguistics. London: Hutchinson.
Sudaryanto. 1985. Linguistik. Yogyakarta: UGM Press.
---------. 1986. Metode Linguistik. Yogyakarta: UGM Press.
---------. 1990. Fungsi Hakiki Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Arman juanda | Arman Juanda Template
Copyright © 2011. DETIK WO®LD™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Detik World Template
Proudly powered by Blogger